Langsung ke konten utama

Kenali Vendor Psikotes Terbaik

Assessment Talents Mapping


Istilah pemetaan bakat mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Pemetaan bakat dapat diartikan sebagai tes assessment yang dapat digunakan untuk mengetahui bakat apa yang dimiliki oleh seseorang.

Tes assessment dalam pemetaan bakat biasanya terdiri atas 34 jenis bakat, dimana akan diurutkan dari bakat yang paling dominan hingga bakat yang terlemah yang terdapat dalam diri Anda. Pemetaan bakat tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja. Anak-anak pun dapat mengikuti proses pemetaan bakat untuk mengetahui bakat apa yang terpendam dalam diri mereka.

Assessment Indonesia
Talent Mapping


Manfaat Talents Mapping Bagi Individu
  1. Membantu untuk menemukan bakat terpendam ; Jika anda seringkali merasa kurang menikmati jurusan yang sedang anda pelajari atau deskripsi pekerjaan anda, anda mungkin tidak bekerja sesuai bakat. Saat ini semakin banyak orang tua yang berusaha menemukan bakat anak-anak mereka. Namun hal itu tidak terjadi di masa lalu. Orang tua bergantung pada sistem sekolah yang kurang bisa mengembangkan bakat anda. Hal ini kemudian membuat anda tidak mampu mengenali bakat sendiri, merasa tidak berbakat dan pada akhirnya membuat anda stres.
  2. Membantu untuk mengembangkan bakat anda ; Karena anda sudah mengetahui seperti apakah bakat yang paling mendominasi di dalam diri anda, maka anda akan semakin mudah untuk menentukan bagaimanakah langkah-langkah tepat dalam mengembangkan bakat tersebut.
  3. Membantu mengetahui kepribadian anda ; Dengan memahami kepribadian inilah maka secara tidak langsung akan membantu orang lain dalam mengambil sikap terhadap diri anda.
  4. Membantu mengetahui tingkat kepercayaan seseorang. 
  5. Membuat orang tidak fokus pada kelemahan ; Membantu anda untuk tidak hanya fokus pada kelemahan saja. Hanya memandang kelemahan diri dapat menyebabkan rendah diri. Yang kemudian akan mengakibatkan produktivitas rendah.

Manfaat Talents Mapping Bagi Perusahaan Adalah
  1. Menempatkan Orang yang Tepat pada Pekerjaan yang Tepat ; Dengan adanya manajemen bakat, perusahaan akan dapat memetakan keterampilan dan kompetensi para karyawan yang memiliki talenta. Hal ini memungkinkan manajemen mencatat inventaris keterampilan dan juga kemampuan yang ada di dalam perusahaan tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat menempatkan orang-orang yang tepat pada posisi yang tepat pula. Ini tentu saja akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan maupun karyawan. Karena orang yang tepat yang ditempatkan di posisi yang tepat akan menghasilkan peningkatan produktivitas pada karyawan yang nantinya akan berdampak pada meningkatnya produktivitas perusahaan secara keseluruhan. Hal ini tentu saja akan berimbas pada kepuasan kerja bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.
  2. Mempertahankan Karyawan yang Memiliki Bakat yang Besar ; Karyawan yang bertalenta tinggi adalah salah satu aset berharga yang dapat menunjang keberhasilan suatu perusahaan. Apalagi di tengah arus ekonomi global saat ini, persaingan dagang antar perusahaan juga semakin tinggi. Hal ini membuat perusahaan tersebut akan berusaha menjaga karyawan bertalenta tinggi tersebut untuk tidak mengajukan pengunduran tinggi dan meninggalkan perusahaan. Karena itu, pengunduran tinggi karyawan yang beralenta tinggi menjadi perhatian utama bagi perusahaan. Perusahaan akan berupaya agar dapat mempertahankan karyawan yang bertalenta tinggi di perusahaan tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar perusahaan tersebut dapat terus bersaing di tengah-tengah arus perekonomian global yang semakin ketat. Kini dengan adanya talent mapping, perusahan dapat lebih fokus untuk memetakan program dan strategi retensi karyawan untuk merekrut, mengembangkan, mempertahankan, serta melibatkan orang-orang yang berkualitas.
  3. Perekrutan Karyawan yang Lebih Baik ; Kita tahu bahwa kualitas sebuah perusahaan tergantung pada kualitas para karyawannya. Untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas, perusahaan harus memulainya dengan proses rekrutmen yang baik. Dengan menerapkan manajemen bakat, sebuah perusahaan dapat menjalankan rekrutmen secara lebih baik. Hal ini karena di dalam menejemen bakat, penilaian perekrutan telah menjadi aspek integral dari proses Sumber Daya Manusia saat ini.
  4. Perusahaan akan Menjadi Lebih Baik dan Lebih Maju ; Manajemen bakat akan membantu perusahaan untuk melakukan penilaian pada para karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Melalui penilaian tersebut, perusahaan dapat memahami lebih baik terhadap kebutuhan pengembangan diri para karyawan, aspirasi karir, kelebihan dan kekurangan, serta perusahaan pun dapat mengetahui kepuasan kinerja para karyawannya. Dengan demikian, perusahaan dapat menentukan apa saja yang dapat memotivasi para karyawan agar dapat bekerja dengan lebih baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini pada akhirnya akan membuat perusahaan tersebut menjadi lebih baik ke depannya.

Cara melakukan pemetaan bakat?

Berikut ini beberapa urutan untuk membantu anda menemukan bakat maupun kekuatan yang terdapat didalam diri seseorang.
  • Assessment talents mapping ; Untuk urutan pertama di dalam serangkaian tes ini adalah menggali bagaimanakah sifat produktif atau bakat yang dimiliki oleh seseorang. Selain itu, tes ini juga akan membantu anda untuk menginterpretasikan kekuatan terkait dengan peran dengan cara memanfaatkan bakat yang dominan di dalam tubuh anda. Nantinya didalam self assement ini, anda akan mengerjakan sekitar 170 pertanyaan dimana harus anda isi dengan baik.
  • Assesment personal strength statement ; Jika sudah maka akan langsung dilanjutkan dengan tes yang berikutnya yakni assessment personal strength statement. Di dalam tes ini sendiri akan memberikan banyak manfaat untuk anda. Seperti membantu menggali pengakuan atas kegiatan apa sajakah yang produktif dan merupakan gambaran bagaimanakah kemampuan atau kompetensi dan minat terhadap apa saja aktivitas yang anda lakukan. Bukan hanya itu saja, nantinya di dalam tes ini sendiri terdapat 114 aktivitas dimana 99 terdiri dari klaster yang mempunyai keterkaitan dengan peran dan 15 klaster mempunyai keterkaitan dengan bidang yang anda miliki di dalam diri anda tersebut.
  • Strength typology ST 30 ; Untuk rangkaian tes yang selanjutnya adalah strength typology atau ST-30 ini. Untuk rangkaian tes yang satu ini juga mempunyai peran untuk mengetahui diri anda dengan cepat. Bukan hanya itu saja, tes ini pun juga berguna untuk mengetahui bagaimanakah gambaran kompetensi dan kemampuan yang anda miliki. Selain itu, peserta juga akan dihadapkan pada 30 tipologi manusia yang mempunyai keterkaitan dengan aktivitas produksi yang dimiliki seseorang. Hal ini akan membantu anda mengetahui persona brand atau self awareness yang ada didalam diri anda. 

Untuk anda yang ingin mengetahui seperti apakah bakat yang dominan di dalam diri anda, maka penggunaan talent mapping ini memang akan sangat bermanfaat untuk anda. Info lebih lanjut bisa menghubungi Vendor Psikotes Assessment Indonesia 

Assessment Indonesia
Jl. Wijaya Kusuma No.2, Rt.1/Rw.1 , Jatipulo, Kec. Palmerah, Jakarta Barat 11430

Komentar

Popular Posts

DayToNight Tokopedia Store

Day2Night - Produk Best Seller Malaysia Tokopedia DayToNight menyediakan berbagai macam produk terbaik Malaysia. Tersedia discounts, cashback dan Free Ongkir juga.  Tokopedia DayToNight Beberapa produk Best Seller DayToNight antara lain Susu Nespray Malaysia, Oldtown Classic Malaysia, Milo Malaysia 1 kg, Maggi Kari Malaysia , Anlene Gold Malaysia.  Sekarang gak harus ke Malaysia dulu buat kulineran makanan minuman produk Malaysia. Brand ternama Malaysia yang sudah tidak asing lagi bagi kita tersedia di DayToNight.  Proses pengiriman juga cepat, pengemasan aman, tersedia banyak pilihan kurir pengiriman dan ada subsidi free ongkir. Melayani pengiriman seluruh Indonesia.  Pembayaran mudah bisa dengan Gopay, Ovo, juga opsi transfer bank maupun melalui convenience store seperti Indomaret dan Alfamart. Reputasi toko juga terpercaya, banyak testimoni review bintang 5. Pelayanan bagus, produk bagus. Recommended banget DayToNight Tokopedia, Tarakan - Indonesia #daytonight #day2night #produkmala

​ARGUNA JAYA PROPERTI - Arguna Sindangpanon

​ARGUNA JAYA PROPERTI - Arguna Sindangpanon Arguna Jaya Properti didirikan dengan misi : membangun struktur dengan nilai terbaik dan lingkungan ternyaman. Tim profesional kreatif kami mengevaluasi setiap proyek dengan cermat untuk mematuhi kendala keuangan dan waktu, dan selama bertahun-tahun kami telah dikenal sebagai Pengembang Real Estate teratas. Arguna Jaya Properti Jika Anda sedang mencari perumahan ideal untuk Anda tempati, di sini lah tempatnya. Dengan pengalaman bertahun-tahun, kami memiliki keahlian dan keinginan untuk mewujudkan Impian anda. Menggunakan bahan berkualitas dan tenaga ahli dan konstan terbaik. Arguna Jaya Properti juga sangat dikenal dengan sebutan Arguna Sindangpanon, rumah murah Bandung , rumah modern terbaik.  Arguna Jaya Properti Jl. Citeureup, Sindangpanon, Kec. Banjaran, Bandung, Jawa Barat 40377

Vash Design - Jasa Desain Konten Instagram

Vash Design - Jasa Desain Konten Instagram Hi Gaess.. Yang lagi kembangin akun instagram bisnis, ada solusinya nih, yuk bisa tanya-tanya dahulu https://www.vashdesain.com iG : @vash_desain Meliputi Jasa Desain Konten Instagram , jasa desain grafis, jasa edit foto, jasa desain logo, jasa layout buku  #vashdesain #jasadesainkonteninstagram #jasadesaingrafis #jasaeditfoto #jasadesainlogo #jasalayoutbukumurah #contentcreator #jasadesain #editfoto #desainlogo #vector #logousaha #buatlogo #desaingrafis #desaincover